21 September 2024

SAAT TATAP MUKA, BHAYANGKARI DAERAH GORONTALO TUAI PUJIAN DARI KAPOLDA

“Bhayangkari itu seperti Wonder Women” .

Untaian kalimat ini berkumandang dari lisan seorang Jenderal bintang dua. Ia adalah Irjen Pol. Helmy Santika, SH,SIK, M.Si, Kepala Kepolisian Daerah Gorontalo yang juga menjabat sebagai Pembina Bhayangkari Daerah Gorontalo.

Pujian itu disampaikan oleh Alumnus Akpol 93 tersebut pada pelaksanaan Tatap Muka Ketua Bhayangkari Daerah Gorontalo bersama Pengurus Bhayangkari dan Pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari di aula Titinepo, Kamis (07/07/2022) yang juga dihadiri oleh seluruh Pejabat Utama Polda Gorontalo.

Betapa tidak, keberhasilan tugas kepolisian selama ini tak dapat dipungkiri berkat campur tangan berupa dukungan moril sebagai seorang istri (Bhayangkari) terhadap suaminya yang melaksanakan tugas sebagai Anggota Polri. Meski di satu sisi, memiliki kodrat sebagai ibu rumah tangga dan memiliki pekerjaaan sampingan, namun tidak menjadi hambatan bagi seorang Istri Anggota Polri untuk membagi waktunya pada kegiatan Bhayangkari.

Hal ini, oleh Kapolda Gorontalo, Bhayangkari diibaratkan seperti Wonder Woman sebagai mana pada cerita fiktif yang diperankan oleh perempuan dengan karakter wanita yang serba bisa dan mempunyai kekuatan super.

Bertolak dari kisah nyata dari Mathilda Batlayeri, seorang Ibu Bhayangkari di wilayah Polda Kalsel yang gugur demi mempertahankan Polsek tempat suaminya bertugas dari gempuran kelompok pemberontak, Helmy menggambarkan betapa luar biasa perjuangan seorang Bhayangkari saat itu.

Meski Nuansa dan atmosfer sudah berbeda lanjut Helmy, namun nilai nilai yang di tunjukkan oleh Bhayangkari itu bisa tertanam dalam nuansa kekinian.

“Membantu dan mendukung tugas suami sebagai seorang anggota Polri, di satu sisi bekerja, mengurus keluarga, memang Sangatlah berat bagi seorang Bhayangkari dan hal itu tak dapat dilakoni oleh seorang suami”, tukas Helmy.

Sebelum mengakhiri penyampaiannya, Helmy berharap adanya kepedulian dan keikhlasan anggota Bhayangkari dalam melaksanakan tugas.

“Memang tugas Bhayangkari hanya dua, yakni berat dan sangatlah berat”, tutup Helmy sedikit bercanda.

Penulis :Donsi

Editor : Jenry

Publish : Randi

You may have missed