21 September 2024

Ungkap Pelaku Pembobolan Toko dan Sarang Walet di Provinsi Gorontalo, Tim Gabungan Resmob dan Polres Berhasil Amankan 5 Residivis

gorontalo.tribratanews.com – Polda Gorontalo, Pelaku tindak pidana pencurian spesialis pembobolan toko dan sarang burung walet dengan menggunakan gunting besi beton di wilayah Provinsi Gorontalo berhasil diamankan Tim Opsnal Ditreskrimum Polda Gorontalo dan Tim Opsnal Satreskrim Polres jajaran yang diback up oleh Jatanras Polrestabes Makasar, Sabtu, 16 Juli 2022.

Dari pencurian ini, Team gabungan berhasil mengamankan 5 dari 7 pelaku yang ikut terlibat, yakni Lk. AP alias Lali, Lk. MFP, Lk, FS, Lk, AS dan Lk. MZ dan untuk 2 pelaku lainnya yakni Lk. J dan Lk. A masih dilakukan pencarian oleh Tim Penyidik.

Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol. Wahyu Tri Cahyono, SIK saat pelaksanaan Press Conference di Humas Polda Gorontalo menjelaskan, adanya beberapa kejadian kasus pencurian di wilayah Hukum Polda Gorontalo di Tahun 2022 menjadi perhatian Kapolda Gorontalo dalam setiap Anev, yang kemudian hal tersebut ditindaklanjuti oleh Direktur Reserse Kriminal Umum dengan memerintahkan Tim Resmob Polda dan Polres untuk melakukan penyelidikan.

“Dari penyelidikan yang dilakukan oleh Tim gabungan, Tim Resmob Polda Gorontalo dan Polres jajaran yang diback up oleh Jatanras Polrestabes Makasar berhasil mengamankan 5 pelaku residivis pencurian spesialis pembobolan toko dan sarang walet di Kota/Kabupaten Gorontalo. Dimana 3 pelaku berhasil diamankan saat transit di pelabuhan Makassar untuk tujuan ke Surabaya dan 2 lainnya diamankan di Provinsi Gorontalo,” Jelas Wahyu.

Lebih lanjut Wahyu dihadapan awak media mengatakan, dari pencurian ini, Tim gabungan berhasil mengamankan ratusan barang bukti.

“Barang bukti ini sendiri yakni, 2 buah gunting besi beton, 1 unit mobil, 45 unit hp infinix, 30 unit hp Samsung, 28 unit hp Oppo, 35 unit hp vivo, 2 buah power bank, 1 buah headset, 3 buah casing hp, 2 buah dombet, 37 vouvher pulsa, 1 dos kartu telkomsel, 3 dos obat pupuk pertanian dan 1 speaker merk Advan,” terang Wahyu.

Diakhir Press Conference, Wahyu mengungkapkan, pelaku dalam melancarkan aksinya menggunakan gunting besi beton ukuran besar untuk memotong gembok toko dan sarang walet.

“Dari kasus ini, pelaku dalam membobol toko dan juga sarang burung walet di Kabupaten/Kota Gorontalo yakni dengan menggunakan 2 buah gunting besi beton. Untuk itu dalam mencegah adanya kejadian tersebut Tambahkan himbauan dalam berita bahwa dengan banyaknya kasus pencurian ini diharapkan kepada seluruh masyarakat terutama yang memiliki tempat usaha agar melengkapinya dengan sistem pengamanan salah satunya dengan memasang CCTV .,” tutup Wahyu.

Penulis : Fandi

Editor : Jenry

Publish : Karim

You may have missed