22 September 2024

Lantik 208 Bintara Baru, Kapolda Gorontalo : Laksanakan Tugas Sebagai Pelindung, Pengayom dan Pelayan Masyarakat.

gorontalo.tribratanews.comKepala Kepolisian Daerah Gorontalo, Irjen Pol. Helmy Santika, S.H, S.I.K., M.Si, resmi menutup dan melantik 208 bintara Polri tahun 2022, yang dilaksanakan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Gorontalo. Rabu (21/12).

Adapun yang hadir pada pelantikan siswa Polri tersebut, yakni Pj Gubernur Gorontalo, Danrem 133/Nani wartabone, unsur forkopimda, para pejabat utama Polda Gorontalo, serta para orang tua Bintara.

“Pada hari ini Rabu tanggal 21 Desember 2022 pukul 08.45 WITA pendidikan pembentukan Bintara Polri tahun anggaran 2022 dengan resmi saya nyatakan ditutup. Dan dengan selesainya pembentukan, maka bertambah juga jumlah personil Polri khususnya Polda Gorontalo yang dapat melaksanakan tugas polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.” ujar Kapolda Gorontalo saat membacakan amanat Kalemdiklat Polri.

Irjen Pol. Helmy juga menyampaikan bahwa upacara hari ini menandakan telah berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan pendidikan dan pelantikan pembentukan bintara Polri gelombang II tahun anggaran 2022, yang diselenggarakan di Sepolwan, Pusdik Brimob, dan Pusdik Polair lemdiklat Polri serta di 31 SPN Polda.

Dengan demikian, jumlah anggota Polri telah bertambah 10.507 personel bintara remaja Polri, yang terdiri dari 10.004 Polisi laki-laki, dan 503 Polisi wanita. Dari jumlah tersebut, maka sebanyak 9.407 akan melaksanakan tugas sebagai bintara Polri tugas umum, 500 bintara Brimob dan 100 Bintara Polair.

“Saya selaku Kepala lembaga pendidikan dan pelantikan Polri, selamat kepada bintara Polri yang telah berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian pendidikan pembentukan selama 5 bulan. Ucapan selamat juga saya sampaikan kepada para orang tua atas keberhasilan putra dan putrinya menjadi bintara remaja Polri yang baru saja dilantik.” tambahnya.

Kita ketahui bersama, bahwa hakekat pendidikan dalam membentuk anggota Polri bukan saja memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan pada tugas umum, Brigade mobil dan Polair semata. Namun lebih dari itu yang utama dan pertama adalah membentuk anggota Polri yang beriman dan bertakwa kepada Tuhannya dan memiliki ahlak yang mulia.

Saat ini, para bintara remaja sudah mengucapkan sumpah sebagai anggota Polri, termasuk konsekuensi bila melakukan pelanggaran dan kejahatan, tidak saja sanksi hukum yang diterima, namun juga sanksi disiplin dan kode etik, termasuk sanksi moral.

Kemudian, saudara juga akan ditempatkan diseluruh wilayah indonesia dengan berbagai keberagamannya. Mari kita rawat dan menjadi perekat keberagaman itu. Jaga soliditas dan sinergitas dengan TNI dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta keutuhan NKRI.

“Saya mengucapkan trimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kasepolwan, Kapusdik Brimob, Kapusdik Polair, Lemdiklat Polri dan para Ka SPN Polda, serta seluruh staf, pengasuh, instruktur, tenaga pendidik dan saya ucapkan trimakasih juga kepada para Kapolda, pimpinan TNI, pemerintah daerah, para tokoh masyarakat, serta seluruh pihak yang memberikan dukungan kerjasama dan kontribusi terbaik bagi terselenggaranya Diktuk bintara gelombang II 2022, semoga budi baik bapak dan ibu sekalian mendapatkan balasan keberkahan dari Allah SWT.” tutup Helmy Santika dalam amanatnya.

Penulis : Nia

Editor : Jenry

Publish : Karim

You may have missed