22 September 2024

POLDA GORONTALO RAIH SKOR TERTINGGI KEDUA SE-INDONESIA PADA CAPAIAN IKPA TAHUN 2022

gorontalo.tribratanews.com-Polda Gorontalo, Membanggakan, di awal tahun 2023 Polda Gorontalo telah memberikan torehan catatan terbaik di tataran Mabes Polri. Betapa tidak, update per tanggal 17 Januari 2023, Polda yang ke 29 tersebut menempati skor tertinggi kedua seluruh Indonesia pada capaian nilai IKPA perpolda terhitung Januari sampai dengan Desember T.A 2022.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Keuangan Polda Gorontalo Kombes Pol. Fedriansah,SIK di hadapan Wakapolda Gorontalo Brigjen Pol. Pudji P. Hadi,MH dan seluruh PJU dalam rangka Paparan Program Rencana Kerja Tahun 2023 di Mako Lantas, Kamis (19/01/2023).

“Polda Gorontalo mendapatkan Skor dengan nilai 83,24. Posisi itu tertinggi kedua setelah Polda Kalimantan Tengah yang menempati puncak skor dengan nilai 86,99″, tutur Fedri yang iringi sorakan aplause seluruh peserta yang hadir saat itu.

Sementara lanjut Fedri Menurut mantan Wadir Samapta Polda Kepulauan Bangka Belitung itu, skor tersebut belum final karena untuk Bulan Desember masih sementara dalam proses penilaian.

“Namun Demikian Polda Gorontalo sudah menempati posisi kedua seluruh Indonesia meskipun belum masuk penilaian untuk bulan Desember”.

Terkait hal itu, Wakapolda Brigjen Pudji memberikan apresiasi terhadap prestasi tersebut. Menurutnya, apa yang telah dicapai agar dipertahankan.

“Prestasi ini menjadi tolak ukur semangat setiap anggota dalam melaksanakan tugas”, tutur Pudji.

Seperti diketahui IKPA adalah indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan selaku Bendahara Umum Negara (BUN) untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negara/Lembaga dari sisi kesesuaian terhadap perencanaan, efektivitas pelaksanaan anggaran, efisiensi pelaksanaan anggaran serta kepatuhan terhadap regulasi.

IKPA digunakan sebagai alat monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan anggaran yang disediakan oleh Ditjen Perbendaharaan yang terintegrasi pada Online Monitoring Sistim Perbendaharaan dan Anggaran Negara yang dijadikan ukuran dan mencerminkan kinerja satuan kerja atas kesesuaian perencanaan dan pelaksanaan anggaran, kepatuhan terhadap regulasi, efektifitas pelaksanaan kegiatan serta efisiensi pelaksanaan anggaran.

Penulis : D01751

You may have missed