25 September 2024

Dinyatakan Lulus di Tes Sebelumnya, 17 Catar Akpol Jalani Tes Psikologi

gorontalo.tribratanews.com – Polda Gorontalo, Sebanyak 17 casis taruna akpol yang terdiri dari 15 catar laki-laki dan 2 catar perempuan melaksanakan tahapan tes psikologi tahap I dalam rangka Penerimaan Taruna/i Akpol T.A 2023, bertempat di SMA 1 Kota Gorontalo, Jum’at 12 Mei 2023.

Ke 17 catar akpol ini sebelumnya sudah dinyatakan lulus seleksi kesehatan tahap pertama yang dilakukan beberapa hari yang lalu di Aula Bid Dokkes Polda Gorontalo.

Sebelum masuk di ruangan ujian para catar di face matching atau sistem pengenalan wajah, yang dapat mencocokkan wajah casis taruna/i akpol dari foto atau cuplikan video melalui basis data wajah, yang bertujuan untuk mengotentikasikan para casis melalui layanan verifikasi ID, dengan menitikkan dan mengukur fitur-fitur wajah para casis, tujuannya adalah untuk menghindari joki atau peran pengganti casis yang akan melaksanakan tes psikologi.

Tahapan tes psikologi dibagi menjadi 4 tahap, tahap Pass hand, Kecerdasan, Kepribadian, Sikap kerja (kecermatan).

Karo SDM Polda Gorontalo KBP Agus Nugroho, S.I.K., M.H menjelaskan hari ini panda Gorontalo penerimaan anggota Polri melaksanakan tes psikologi bagi catar akpol tahun 2023, dimana tes ini dijalankan untuk mengukur aspek-aspek yang tidak teramati secara langsung pada manusia yang menyangkut aspek psikologi. Tes psikologi menggunakan konstruksi tertentu untuk mengukur kondisi tertentu pada manusia. Sebagai contoh, serangkaian tes dilakukan untuk mengukur kesehatan mental, kepribadian, IQ, kecakapan, penyelesaian masalah dan kemampuan beradaptasi atas situasi tertentu.

“Penilaian tes psikologi mengacu berdasarkan Peraturan Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Nomor 3 tahun 2017 dengan kategori memenuhi syarat bila memiliki nilai akhir minimal 61,”Jelas karo SDM.

Selain itu karo SDM juga menjelaskan untuk calon taruna akpol apabila dinyatakan lulus tahapan tes psikologi, maka peserta yang bersangkutan akan melanjutkan tes berikutnya yaitu tes akademik.

You may have missed