25 September 2024

Respon Cepat Bid Dokkes Polda Gorontalo Tangani Casis Yang Jatuh Disaat Tes Kesamptaan Jasmani

gorontalo.tribratanews.com – Polda Gorontalo, Pelaksanaan uji kesamaptaan jasmani bagi para calon siswa Polri di Lapangan GOR Nani Wartabone mendapat pengawasan kesehatan dari Bidang Dokkes Polda Gorontalo, Sabtu (17/06).

Kabiddokkes Polda Gorontalo Kombes Pol drg. Moch Toto Sugiharto, SpBM (K) TMF-TMJ, MARS menjelaskan, kegiatan pengawasan ini sudah menjadi tugas pokok Bidang Dokkes pada setiap iven seleksi penerimaan anggota Polri. “Sejak pagi hari petugas kesehatan sudah berada di lokasi untuk melakukan pengukuran tensi kepada setiap casis,” jelasnya.

Hal tersebut menurutnya agar supaya casis betul-betul fit dalam melaksanakan tes. “Ada beberapa casis yang tensinya agak tinggi, kita suruh istirahatkan dulu 5 hingga 10 menit, jika sudah mulai stabil kita tensi kembali dan kita suruh ikut latihan pemanasan,” ujarnya.

Ditambahkannya, pihaknya juga melakukan pemantauan di setiap item kegiatan, jika ada yang pusing dan mual, langsung diistirahatkan dan diberi obat. “Dari pelaksanaan tes kesamaptaan ini, ada salah satu calon siswa yang tiba-tiba jatuh saat hendak mengikuti tes Lari 12 menit olehnya petugas kesehatan langsung mengambil langkah penanganan terhadap casis,” terangnya.

Tim Kesehatan juga beberapa kali melakukan imbauan lewat mikrofon kepada seluruh casis agar jangan terlalu banyak minum air maupun suplemen yang mengandug kadar asam. Hal tersebut bisa menimbulkan asam lambung cepat naik.

Bid Dokkes juga menyiagakan sebuah ambulance yang terparkir di pintu keluar stadion, dimana apabila begitu ada kondisi darurat, Tim Kesehatan langsung melakukan evakuasi menuju RS Bhayangkara.

You may have missed