23 September 2024

Samapta Polda Gorontalo Terus Tingkatkan Kemampuan Personel Melalui Latihan Dalmas

gorontalo.tribratanews.com – Polda Gorontalo, Guna meningkatkan kemampuan personel dan kesiapsiagaan dalam menangani gangguan Kamtibmas, Samapta Polda Gorontalo menggelar program rutin pelatihan peningkatan kemampuan pengendalian massa (Dalmas) bertempat dihalaman Dit Samapta Polda Gorontalo, Senin (15/01/2024).

Kombes Pol. Moh. Zamroni, SIK selaku Direktur Samapta Polda Gorontalo mengatakan, kegiatan peningkatan kemampuan dalmas diikuti 3 Pleton Samapta Polda Gorontalo.

Dijelaskannya, peningkatan kemampuan pengendalian massa adalah hal yang wajib dilaksanakan seluruh personel Samapta, dikarenakan Samapta merupakan garda terdepan dalam menangani eskalasi unjuk rasa atau kegiatan yang menghadirkan massa besar sehingga para personel wajib memiliki kemampuan dan pengetahuan gerakan dalmas.

“Pelatihan dalmas ini sebagai bentuk kesiap siagaan apabila terjadi unjuk rasa yang mana eskalasinya dapat meningkat menjadi anarkis massa, maka sebagai personel Polri harus siap dengan segala kemungkinan, untuk itu saya tekankan kepada seluruh personel Sampata untuk serius dalam mengikuti pelatihan ini,” ucapnya.

Pantuan dari awak Tribratanews, puluhan personel Samapta Gorontalo melakukan latihan teknik pengendalian massa dengan peralatan tameng dan pengurai massa(Raimas).

Lanjut Zamroni, dengan latihan tersebut sekaligus untuk merefresh agar personel Samapta semakin profesional dalam melaksanakan tugas-tugas di lapangan dan memiliki gambaran apa yang akan dilakukan jika menghalau massa dan kemungkinan terburuk.

“Semua ini dipersiapkan untuk menjaga keamanan, ketertiban agar wilayah hukum Polda Gorontalo tetap kondusif dan terpelihara. Apalagi saat ini tahapan Pemilu Legislatif sudah berjalan,” tutupnya.

You may have missed