22 September 2024

Samapta Polda Gorontalo Gelar Latihan Dalmas Bagi Bintara Remaja Baru

gorontalo.tribratanews.com – Polda Gorontalo, Direktorat Samapta Polda Gorontalo menggelar pelatihan pengendalian massa (Dalmas) terhadap 259 Bintara Remaja yang baru dilantik awal tahun 2023 kemarin. Kegiatan yang digelar di halaman Mapolda Gorontalo, Rabu (17/01/2024) juga diikuti oleh anggota Samapta lainnya yang lebih senior.

“Dalmas merupakan kegiatan yang dilakukan oleh satuan Polri dalam rangka menghadapi massa dan pengunjuk rasa. Oleh karena itu perlu dilakukan pelatihan sehingga manakala dibutuhkan anggota telah siap,” kata Ipda Raihan Gautama Benyamin Ginano, S.Tr.K selaku Danton Dalmas.

Lanjutnya, dalam kesempatan ini kepada para Bintara remaja sebelum melaksanakan latihan Dalmas, dikenalkan terlebih dahulu alat alat yang digunakan pada saat Dalmas Lanjut. Diantaranya adalah adanya tameng dan tongkat.

“Dengan pengenalan ini diharapkan saat penggunaan sebenarnya dilapangan bisa maksimal untuk melindungi petugas dan meminimalisir adanya korban maupun kerugian materil lainya yang bisa ditimbulkan saat terjadinya aksi unjuk rasa yang sebenarnya,” ucapnya.

Tampak, dengan menggunakan tameng dan tongkat mereka melakukan gerakan-gerakan awal maupun formasi gerakan yang diberikan aba-aba komando pelatih Dalmas.

Ditambahkan Direktur Samapta Polda Gorontalo Kombes Pol. Moh. Zamroni, SIK, latihan Dalmas ini juga bermanfaat untuk menciptakan kekompakakan dalam tugas. “Diharapkan dengan digelarnya Latihan seperti ini, anggota dapat mengingat kembali gerakan dan formasi Dalmas serta dapat bekerja secara profesional,” pungkasnya.

You may have missed