23 September 2024

Satwa K-9 Direktorat Samapta Polda Gorontalo Tingkatkan Keahlian dalam Deteksi Narkotika

gorontalo.tribratanews.com – Polda Gorontalo, Personalia K-9 Direktorat Samapta Polda Gorontalo melakukan latihan intensif untuk meningkatkan kemampuan satwa K-9 dalam mendeteksi berbagai jenis narkotika dan bahan berbahaya. Kegiatan ini diadakan di lokasi perumahan Griya Sultana, Rabu (21/02).

Pelatihan ini menerapkan metode point-to-point dan teknik tising untuk mengoptimalkan keterampilan satwa dalam mencari barang berbahaya serta narkotika.

Direktur Samapta Polda Gorontalo, Kombes Pol. Moh. Zamroni, SIK, melalui Brigadir Meldrik Sandy Andjura, menyatakan bahwa latihan rutin dilakukan untuk terus meningkatkan kemampuan deteksi satwa K-9 terhadap berbagai jenis narkotika dan bahan berbahaya.

“Latihan ini memiliki manfaat yang signifikan, khususnya dalam melatih kepekaan satwa terhadap jenis narkotika dan bahan berbahaya lainnya,” ungkapnya.

Dia menambahkan bahwa metode latihan mencakup pelacakan narkotika dengan teknik point-to-point, sementara untuk pencarian dan penyelamatan (Search and Rescue – SAR), satwa menggunakan teknik tising dengan menggunakan mainan dan bahan tersembunyi.

Latihan ini menunjukkan komitmen Polda Gorontalo dalam memperkuat alat pendeteksi narkotika dan bahan berbahaya untuk melindungi masyarakat dan mencegah peredaran barang haram di wilayah Provinsi Gorontalo.

You may have missed