23 September 2024

Pelatihan Pelacakan Narkoba dan SAR oleh Satwa K-9 Dit Samapta Polda Gorontalo

Dalam upaya meningkatkan kemampuan satwa Unit Satwa K-9 Direktorat Samapta Polda Gorontalo, dilakukan pelatihan intensif pelacakan narkoba dan Search and Rescue (SAR). 

Pelatihan ini menggunakan metode point-to-point untuk pelacakan narkoba, memastikan satwa tetap teliti dalam menemukan bahan narkotika, dan teknik jaringan untuk SAR, di mana satwa dipancing dengan mainan dan bahan yang tersembunyi.

Kegiatan ini dipimpin oleh pawang terkemuka, Brigadir Meldrik Andjura, dan melibatkan 8 personel Dit Samapta dan 2 ekor satwa, termasuk Belgian Malinois untuk mendeteksi narkoba dan SAR.

Lokasi pelatihan berlangsung di Perumahan Griya Sultana V pada Rabu, 21 Februari 2024, dimulai pukul 09.00 Wita. 

Tujuan pelatihan mencakup peningkatan kemampuan penciuman satwa dalam melacak narkoba dan SAR, serta memperkuat keterampilan pawang untuk mendukung tugas kepolisian, khususnya dalam pelacakan narkoba dan SAR.

Pelatihan ini menunjukkan komitmen Dit Samapta Polda Gorontalo dalam memastikan bahwa Satuan Satwa K-9 memiliki keterampilan dan keahlian yang diperlukan untuk mendukung tugas keamanan dan penegakan hukum di wilayah Provinsi Gorontalo.

You may have missed