23 September 2024

Pengawasan Bagbinopsnal Ditreskrimum Polda Gorontalo Meningkatkan Efektivitas Penyidikan

gorontalo.tribratanews.com – Polda Gorontalo, Selasa, 27 Februari 2024, Bagian Pembinaan Operasional (Bagbinopsnal) Ditreskrimum Polda Gorontalo melaksanakan kegiatan pengawasan di Satreskrim Polres Jajaran Polda Gorontalo. Kegiatan tersebut dipimpin oleh AKBP Sahrul, SH,MH, bersama tim teknis E-MP Bagbinopsnal.

Dalam rangka meningkatkan efektivitas penanganan perkara, pengawasan ini fokus pada beberapa aspek tugas, seperti penginputan administrasi penyidikan melalui aplikasi E-Manajemen Penyidikan (E-MP), aplikasi E-Berpadu, validasi data total kejahatan, dan pemberantasan kejahatan. Selain itu, dilakukan bimbingan teknis terkait pembuatan akun dan registrasi tanda elektronik.

Kegiatan pengawasan tersebar di berbagai lokasi, termasuk ruang Satreskrim Polres Gorontalo, Satuan Reskrim Polsek Limboto Barat, dan Satreskrim Polres Gorontalo Utara.

Kasatreskrim Polres Gorontalo Utara AKP Mohamad Adam, SH, Kapolsek Limboto Barat Ipda Afandy Ismail, SH, dan Kaurbinops Satreskrim Polres Gorontalo Ipda Jefri Dangkua turut hadir menyambut tim supervisi, beserta perwakilan anggota Reskrim.

Sahrul, SH,MH, dalam pengarahannya, tekanan pentingnya tata kelola administrasi penyidikan dan aplikasi E-Manajemen Penyidikan (E-MP) untuk memastikan keseragaman dan kesatuan persepsi dalam penanganan tindak pidana. “Kegiatan supervisi ini bertujuan memberikan arahan dan pelatihan teknis, memperbaiki prosedur pengelolaan data penanganan tindak pidana, serta memperkuat pengawasan penyidikan,” terangnya.

Pengawasan ini diharapkan dapat mengukur keberhasilan penyelidikan yang dilakukan oleh Penyudik/Penyidik ​​Pembantu melalui evaluasi kinerja aplikasi E-MP. Langkah ini dicapai demi terwujudnya keberhasilan pelaksanaan tugas fungsi reserse kriminal di wilayah hukum Polda Gorontalo dengan kelancaran dan keseragaman dalam proses penyelidikan.

You may have missed