20 September 2024

Tinjau Fasilitas Dan Kesehatan Tahanan, Dir Tahti Polda Gorontalo Ingatkan Personelnya Kondisi Sel Tetap Terjaga

gorontalo.tribratanews.com-Dir Tahti Polda Gorontalo, AKBP Gatot Sudibyo, SE, M.Ak melakukan inspeksi mendalam terhadap kondisi tahanan di berbagai ruang tahanan. Kunjungan ini merupakan bagian dari komitmen institusi untuk memastikan bahwa hak-hak tahanan dihormati dan kondisi penahanan sesuai dengan standar yang berlaku, Sabtu 01/06/2024.

Inspeksi ini bertujuan untuk menilai langsung kondisi fasilitas penahanan, memastikan kelayakan sarana dan prasarana, serta mengevaluasi perlakuan terhadap tahanan. Dalam kunjungannya, dirinya menegaskan pentingnya menjaga keseimbangan antara penegakan hukum dan pemeliharaan hak asasi manusia (HAM).

” Kesejahteraan tahanan harus tetap menjadi perhatian utama kita, selain aspek keamanan dan ketertiban,” ujarnya.

Adapun pengecekan dilakukan melalui beberapa tahapan, antara lain:
Peninjauan fisik fasilitas yang meliputi pemeriksaan kondisi sel, kebersihan, ketersediaan ventilasi, pencahayaan, serta sanitasi.

Tak hanya itu Interaksi dengan tahanan ia juga berbincang langsung dengan para tahanan untuk mendengar keluhan dan masukan yang mencakup perihal kesehatan, perlakuan petugas, serta kebutuhan dasar lainnya.

” Kita harus memastikan bahwa setiap tahanan mendapatkan perlakuan yang manusiawi, dan fasilitas yang ada dapat mendukung pemulihan serta rehabilitasi mereka,” tegasnya.

Pengecekan merupakan langkah nyata dalam upaya peningkatan kesejahteraan dan keamanan tahanan. Dengan memastikan bahwa fasilitas penahanan memenuhi standar yang ditetapkan dan tahanan diperlakukan dengan baik, diharapkan dapat tercipta lingkungan yang lebih baik bagi para tahanan, serta mendukung proses peradilan yang lebih adil dan manusiawi.

Penulis : Karim

You may have missed