21 September 2024

Samapta Polda Gorontalo Pantau Kondusifitas Kamtibmas di Lokasi Perumahan, Melalui Patroli Sepeda

gorontalo.tribratanews.com – Gorontalo, Untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di lingkungan perumahan, Samapta Polda Gorontalo terus melakukan inovasi dengan melaksanakan patroli sepeda. Langkah ini diambil guna meningkatkan kehadiran polisi di tengah masyarakat serta merespon cepat keluhan dan laporan warga. Patroli sepeda dilaksanakan setiap hari oleh personel Samapta di berbagai kompleks perumahan di Kota dan Kabupaten Gorontalo.

Direktur Samapta Polda Gorontalo, Kombes Pol. Moh. Zamroni, S.I.K., menjelaskan bahwa patroli sepeda ini selain ramah lingkungan juga memungkinkan polisi untuk lebih dekat dan cepat berinteraksi dengan masyarakat. “Patroli sepeda memberikan fleksibilitas bagi petugas untuk masuk ke area yang sulit dijangkau oleh kendaraan bermotor. Ini adalah salah satu cara kami untuk lebih dekat dengan warga dan merespons keluhan mereka dengan cepat,” ujar Zamroni.

Selama patroli, personel Samapta tidak hanya mengawasi situasi kamtibmas tetapi juga aktif berkomunikasi dengan warga, mendengarkan langsung keluhan dan saran mereka terkait keamanan lingkungan. 

Bripka Ikra Djafar, salah satu petugas yang rutin melakukan patroli sepeda, mengatakan bahwa interaksi langsung dengan warga sangat penting untuk menciptakan rasa aman. “Kami sering mendengarkan langsung keluhan warga mengenai masalah keamanan di lingkungan mereka. Hal ini sangat membantu kami untuk segera mengambil tindakan yang diperlukan,” jelasnya.

Selain menjaga keamanan, patroli sepeda ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran warga tentang pentingnya menjaga keamanan lingkungan secara bersama-sama. Petugas memberikan sosialisasi mengenai langkah-langkah pencegahan kriminalitas seperti memastikan pintu dan jendela terkunci saat meninggalkan rumah serta melaporkan segera jika melihat kegiatan mencurigakan di sekitar mereka.

You may have missed