20 September 2024

Hari Ke-12 Ops Patuh Otanaha 2024, Masih Temukan Kendaraan yang Gunakan TNKB Tidak Sesuai Ketentuan

gorontalo.tribratanews.com – Memasuki hari ke-12 pelaksanaan Operasi Patuh Otanaha 2024, petugas masih menemukan sejumlah kendaraan yang menggunakan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) tidak sesuai dengan ketentuan. Operasi yang berlangsung di Pos KTL Telaga ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas, Jum’at (26/07).

Kasatgas Gakkum Ops Patuh Otanaha 2024, IPTU Alifia Septiana Harin Selvani, S.Tr.K., menyatakan keprihatinannya terhadap masih banyaknya pelanggaran terkait penggunaan TNKB. “Meskipun sudah dilakukan sosialisasi dan penindakan, kami masih menemukan kendaraan yang menggunakan TNKB modifikasi atau tidak sesuai standar. Ini merupakan salah satu fokus utama kami dalam operasi ini,” ujarnya.

Pada hari ke-12 ini, petugas berhasil menjaring sejumlah kendaraan roda empat yang menggunakan TNKB tidak sesuai. Pelanggaran yang ditemukan meliputi penggunaan TNKB dengan tulisan yang tidak standar, ukuran yang tidak sesuai, hingga TNKB yang dimodifikasi dengan tambahan ornamen yang tidak diizinkan.

“Penggunaan TNKB yang tidak sesuai standar tidak hanya melanggar aturan, tetapi juga dapat menyulitkan identifikasi kendaraan saat terjadi kecelakaan atau tindak kriminal,” tambahnya. Ia menekankan pentingnya masyarakat untuk mematuhi aturan mengenai TNKB demi keamanan dan ketertiban bersama.

Sebagai bagian dari upaya penertiban, petugas memberikan teguran tertulis kepada pengendara yang melanggar, serta mengarahkan mereka untuk segera mengganti TNKB dengan yang sesuai standar. “Kami berharap melalui operasi ini, masyarakat semakin sadar dan disiplin dalam menggunakan TNKB yang sesuai dengan ketentuan,” jelasnya.

Copyright © Bid. Humas Polda Gorontalo 2024. | Newsphere by AF themes.