21 September 2024

Polres Gorontalo Laksanakan Upacara Memperingati Hari Sumpah Pemuda

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke – 89 Tahun 2017, Polres Gorontalo melaksanakan upacara yang dipimpin langsung oleh Kapolres Gorontalo AKBP. Purwanto SIK, MH, Sabtu 28 Oktober 2017, pkl. 07.00 Wita.

Adapun yang menjadi Komandan Upacara dalam peringatan Sumpah pemuda kali ini adalah Iptu Emil, SH, dan diikuti oleh seluruh personil Polres Gorontalo.

Kapolres Gorontalo dalam amanatnya menyampaikan pengantar Pidato Menteri Pemuda dan Olah raga Republik Indonesia Imam Nahrawi, yang dalam pidatonya berisi bahwa 89 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928 sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air berkumpul disebuah gedung di jalan kramat raya daerah kwitang jakarta, mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yaitu bahasa indonesia.

Hal ini merupakan irkrar yang sangat menumental bagi perjalanan sejarah bangsa indonesia yang melahirkan 17 tahun kemudian, Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, pada tanggal 17 agustus 1945.

Sumpah pemuda ini dibacakan di arena Kongres ke – 2 yang dihadiri oleh pemuda lintas suku, agama dan daerah, dan hal ini dalam fakta sejarah menunjukkan  bahwa sekat dan batasan –  batasan tersebut tidak menjadi halangan  bagi para pemuda indonesia untuk bersatu demi cita – cita besar indonesia, yang selanjutnya kita sebut saat ini dengan. ” BERANI BERSATU”.

Dengan ini kita harus bersyukur atas sumbangsih para pemuda Indonesia yang sudah melahirkan Sumpah pemuda dan seharusnya kita meneladani langkah – langkah dan keberanian mereka hingga mampu menerahkan emas untuk bangsanya.

Pada akhir amanat yang dibacakan Kapolres mengajak kepada kita bahwa kukuhkan persatuan dan kesatuan  Idonesia,  stop segala bentuk  perdebatan yang mengarah pada perpecahan Bangsa, kita seharusnya malu dengan pemuda 1928 dan juga kepada Bung Karno,  karena masih harus berputar di soal –  soal ini. Dengan hal ini sudah saatnya kita melangkah ke tujuan lain yang lebih besar yaitu mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Penulis         : Fandi

Editor           : Alfian

Publish         : Fandi

 

You may have missed