20 September 2024

Pembukaan Bimtek, Kapolres Pohuwato Sampaikan Peran Bhabinkamtibmas Sangat Penting

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Selasa (31/10/2017) pukul 09.00 wita bertempat di Gedung Aula Panua Pemda Kab.Pohuwato telah berlangsung kegiatan pembukaan bimtek platfrom tata kelola sistem informasi Desa dan Kawasan se Kabupaten Pohuwato.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Sekda Kab.Pohuwato yang di hadiri oleh Kapolres Pohuwato Akbp Ary Donny Setiawan, SIK., MH, unsur Forkopimda, wakil Deputi Dua staf Kantor Presiden RI, staf kementrian Dalam Negeri, staf kemenkominfo, pimpinan SKPD, para perwira Polres, para camat, para kepala Desa, serta anggota Bhabinkamtibmas Polsek Jajajaran Polres Pohuwato.

Dalam kegiatan tersebut Kapolres Pohuwato memberikan sambutan sekaligus materi tentang Tindak pidana Korupsi dalam hal penyalahgunaan dana Desa.

Kapolres Pohuwato dalam sambutannya menyampaikan bahwa terkait adanya MOU antara Mentri Desa PDTT, Mendagri, Kapolri ini menjadi dasar dalam hal melaksanakan pencegahan, pengawasan serta penanganan dalam ruang lingkup alokasi Dana Desa di Kabupaten Pohuwato.

Kapolres Pohuwato pada kesempatan itu mengatakan terkait pengawasan dana Desa ini peran anggota Bhabinkamtibmas sangat penting. sebagai mana arahan Kapolri terkait alokasi dana Desa ini peran Bhabinkamtibmas dapat memberikan penyuluhan para kepala Desa beserta perangkat Desa lainnya untuk bagaimana cara menggunakan anggaran Desa dengan baik dan benar,selain itu Bhabinkamtibmas juga memiliki fungsi sebagai pencegah,pengawas, dan melakukan tindakan represif apabila di temukan indikasi korupsi dana Desa yang tentunya berkoordinasi dengan instansi terkait dalam hal ini pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato.

Diakhir sambutannya Kapolres Pohuwato mengajak kepada seluruh para kepala Desa yang ada terkait alokasi dana Desa ini agar menggunakan dana Desa tersebut sesuai dengan peruntukannya, sehingga menjadikan pembangunan Desa serta sumber daya manusianya dapat meningkat.

Kegiatan berakhir pukul 10.30 wita yang berlangsung aman dan lancar.

Penulis         : Firdha

Editor           : Alfian

Publish         : Firdha

You may have missed