21 September 2024

Laksanakan Bintek Satpam, Dit Binmas Polda Gorontalo Berikan Pemahaman Pentingnya Disiplin Dalam Bertugas

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Rabu 22 November 2017, Dit Binmas Polda Gorontalo dalam hal ini Subdit Satpam Polsus melaksanakan kegiatan pembinaan teknis kepada 8 personil Satpam Man Insan Cendekia Gorontalo. Tampil sebagai pemateri Kompol Berty Runtukahu, SE selaku Kasie Binlat Subdit Satpam Polsus Dit Binmas Polda Gorontalo bersama 2 personil Dit Binmas Polda Gorontalo Bripda Yanton dan Bripda Iswan.

Kegiatan dimulai pukul. 07.30 bertempat di Ruang Vicon Cendekia, diawali dengan kata sambutan dari Kepala Madrasah MAN Insan Cendekia yang diwakili oleh Kepala Tata Usaha Ibu Felna Mustafa. Dalam sambutannya pihak Madrasah mengharapkan dengan adanya kegiatan Bintek Satpam ini, para anggota satuan pengamanan dapat menerima materi dengan baik serta dapat mengaplikasikannya dalam keseharian tugasnya.

Kasie Binlat Kompol Berty memberikan arahan kepada para anggota Satpam mengenai tugas dan tanggung jawabnya sesuai yang diatur dalam Perkap 24 tahun 2007 tentang Sistim Menejemen Pengamanan, “Terdapat dua hal yang menjadi fokus dalam kegiatan Bintek hari ini, Yakni bagaimana bersikap dan berperilaku sebagai anggota Satpam serta bagaimana mengedepankan sikap disiplin dan tanggung jawab dalam bertugas”, ujar Kasie Binlat.

Satuan Pengamanan yang dibentuk oleh instansi harus bisa melaksanakan pengamanan fisik dalam rangka menyelenggarakan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya, Karena Satpam mengemban fungsi Kepolisian terbatas. Untuk itu setiap anggota Satpam harus mengetahui tugas pokok dan fungsinya.

Antara lain menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja khususnya pengamanan fisik serta melindungi dan mengamankan lingkungan kerjanya dari setiap gangguan keamanan dan ketertiban serta pelanggaran hukum. Di samping turut membantu pihak kepolisian di bidang penegakkan hukum, dalam melaksanakan tugasnya satpam memiliki peranan langsung di bidang keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja.

Hal itu dapat dilakukan apabila para anggota Satpam yang mengemban fungsi pengamanan dapat menjaga dan menjunjung tinggi kode etik yang diterapkan. Yaitu, kesetiaan, memberikan teladan yang baik, keselamatan dan keamanan, kejujuran, disiplin, dan tanggung jawab.

Perwira berpangkat Komisaris Polisi ini juga menegaskan bahwa satpam juga harus bisa melakukan pengawasan dan pengaturan, antara lain pengawasan ke luar masuk Guru, Orang tua / Wali Siswa, para Siswa, serta siapapun yang berkepentingan, pada saat jam sekolah maupun piket, pengawasan pada saat melakukan patroli di area madrasah terutama di malam hari, pengaturan dan penerimaan tamu/ orang tua siswa, parkir kendaraan, ke luar masuk kendaraan.

Kegiatan dilanjutkan di lapangan dengan pemberian materi Pengaturan Baris Berbaris (PBB) sebagai dasar kedisiplinan para anggota Satpam, karena dari 8 anggota Satpam di Man Cendekia Gorontalo, baru 3 personil yang sudah mengikuti pendidikan Satpam kualifikasi Gada Pratama dan sudah mengantongi ijazah serta KTA yang legal dari Polda Gorontalo, Namun pihak Madrasah tetap akan berupaya untuk mengikutkan 4 anggota Satpam tersebut untuk menempuh pendidikan di awal tahun depan karena terkendala rencana kebutuhannya untuk anggaran tahun depan. Kegiatan berakhir pukul. 10.00 wita dengan aman dan lancar.

Penulis         : Iswan (PID Dit Binmas)

Editor           : Alfian

Publish         : Fandi

You may have missed