20 September 2024

Tingkatkan Pelayanan SIM , Kabag Bin Ops Lantas Polda Gorontalo Cek 2 Polres Terjauh

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, untuk meningkatkan pelayanan SIM Kabag Bin Ops Dit Lantas Polda Gorontalo Akbp. S.Irawanto turun langsung melakukan supervisi ke ruangan Satuan Penyelenggara Administrasi SIM ( Satpas ) Sat Lantas Polres Boalemo  dan Polres Phuwato, Kamis (5/4/2018)

Hal ini Sesuai dengan undang – undang no. 22 tahun 2009 pasal 77 ayat 1 dimana setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor dijalan wajib memiliki surat ijin mengemudi ( SIM ) sesuai dengan kendaraan bermotor yang dikemudikan dan perkap no. 9 tahun 2009 tentang penerbitan Surat Ijin Mengemudi ( SIM ) dimana setiap pemohon wajib melewati dan lulus uji pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan mengemudi yang bertujuan agar dapat mengurangi tingkat angka kecelakaan dan pelanggaran dijalan serta dapat menambah wawasan masyarakat bagaimana cara berkendara dengan baik.

Dalam supervisi tersebut Akbp Akbp. S.Irawanto meninjau dan sempat berbincang dengan peserta pemohon SIM yang sedang mengikuti ujian teori dan praktek, disamping itu untuk memastikan tidak ada calo dalam pengurusan SIM di ruang Satpas Polres kedua polres tersebut.

Tak hanya itu sarana dan prasarana dalam pembuatan SIM tak luput dari perhatian dalam pengecekan kali ini. Akbp Akbp. S.Irawanto  juga mengajak seluruh Personil Satuan Lalu Lintas untuk bekerja dengan penuh tanggung jawab dalam melayani masyarakat serta jaga sarana dan prasarana yang ada dengan baik.

Menurutnya pengecekan ini dilakukan untuk menekankan kepada seluruh anggota agar melaksanakan sesuai dengan prosedur dan tidak bermain-main serta mempersulit dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam penerbitan Surat Ijin Mengemudi ( SIM ), karena setiap orang yang sudah memiliki SIM harus mempunyai kompetensi dalam berkendara.

Supervisi ini untuk memastikan tidak ada permainan dalam penerbitan SIM baik yang perpanjangan maupun yang pembuatan baru, dan diharapkan kepada masyarakat agar tidak menggunakan calo serta mengikuti semua aturan yang sudah ditentukan,” tegas Akbp. S.Irawanto

 

Penulis         : Hardiyanti

Editor           : Mulyono

Publish         : Hardiyanti

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may have missed