22 September 2024

Melalui Problem Solving, Bhabinkamtibmas Polsek Tilong Kabila Lakukan Mediasi Sengketa Lahan

Polres Bone Bolango. Problem solving adalah strategi pemecahan masalah yang dilaksanakan oleh pengemban fungsi Bhabinkamtibmas Polri untuk menemukan solusi dari suatu permasalahan. Tujuan dilaksanakan problem solving adalah untuk mendamaikan permasalahan terhadap warga yang bermasalah.

Seperti halnya yang di lakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Tilong Kabila Polres Bone Bolango Aiptu Abdul Rahman Madjabi dalam kesempatan ini menyelesaikan masalah yang di alami warga binaannya di kantor Desa Toto Utara Kecamatan Tilong Kabila Kabupaten Bone Bolango. Selasa, (1/11/2022).

Adapun permasalahan yang di hadapi warganya terkait permasalahan tanah yang di laporkan oleh perempuan Fin Tahir terhadap lelaki YD, dimana YD menjual sebidang tanah di desa Toto utara kepada pelapor  sekitar tahun 2019 dan pada saat pelapor akan membangun rumah di atas lahan tersebut di larang oleh adik dari YD.

Kapolsek Tilong Kabila IPDA Novika Veronika S.Tr.K melalui Aiptu Aiptu Abdul Rahman Madjabi mengatakan bahwa dengan adanya laporan permasalahan warga, Bhabinkamtibmas selaku garda terdepan Polri dalam melayani masyarakat turut membantu membantu menyelesaikan masalah tersebut dengan mengundang kedua belah pihak untuk bertemu dan musyawarah di kantor desa Toto utara.

“ Alhamdulillah dengan di dampingi oleh aparat desa Toto Utara permasalahan tersebut telah di selesaikan dengan damai antara kedua belah pihak dan telah sepakat berdamai dengan cara lelaki YD akan mengembalikan uang pembelian tanah dari  perempuan Fin Tahir dengan demikian jual beli tanah tersebut batal” terang Ar Madjabi.

Sementara itu dalam penyelesaian masalah tersebut, Bhabinkamtibmas juga memberikan himbauan kamtibmas untuk saling menjaga satu sama lainnya agar tercipta rasa aman dan damai dalam mewujudkan situasi yang kondusif.

“Sudah menjadi tugas dan kewajiban Bhabinkamtibmas untuk melakukan giat problem solving dengan memediasi setiap permasalahan yang terjadi di Desa binaannya dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas tetap kondusif”ucap Bhabinkamtibmas Toto Utara.

By ZD (HumasResBB)

You may have missed