23 September 2024

Wujudkan Pelayan Masyarakat, Bhabinkamtibmas Polsek Bone Pantai Selesaikan Permasalahan Warga Binaannya

Polres Bone Bolango. – Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) adalah petugas Polri yang bertugas di tingkat desa sampai dengan kelurahan yang bertugas mengemban fungsi Pre-emtif dengan cara bermitra dengan masyarakat.

Sebagai wujud pengayom dan pelayan masyarakat, Briptu Irhan selaku Bhabinkamtibmas Polsek Bone Pantai Polres Bone Bolango melakukan penyelesaian masalah warga binaannya terkait ketertiban umum yang terjadi di desa Mamungaa Kecamatan Bulawa Kabupaten Bone Bolango dimana kedua belah pihak diundang ke kantor desa Mamungaa untuk menyelesaikan permasalahan tersebut melalui problem Solving. Selasa, (1/11/2022).

Kapolsek Bone Pantai IPTU Faisal Poli melalui Bhabinkamtibmas Briptu Irhan mengatakan bahwa permasalahan yang terjadi di desa binaanya tersebut terkait ketertiban umum yang di lakukan oleh perempuan ET terhadap perempuan RI dimana perempuan RI saat sedang tidur tiba-tiba rumahnya di datangi oleh perempuan Et sambil marah-marah dengan nada suara yang keras sehingga mengganggu kenyamanan perempuan RI.

“ setelah melaksanakan musyawarah melalui Problem Solving, akhirnya kedua belah pihak sepakat menyelesaikan permasalahan tersebut secara kekeluargaan dan selanjutnya kedua belah pihak telah sepakat berdamai dan saling memaafkan dengan membuat surat penyataan dihadapan Bhabinkamtibmas dan aparat desa” ujar irhan.

Secara terpisah, Kapolres Bone Bolango AKBP Emile Reisitei Hartanto, SH, SIK mengungkapkan bahwa Bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan Polri di tengah-tengah masyarakat di harapkan mampu mendeteksi dini gangguan kamtibmas di wilayahnya.

Selain itu juga Bhabinkamtibmas juga diharapkan harus memiliki kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan di desa binaannya. “tentunya hasil kesepakatan oleh kedua belah pihak dapat di jadikan sebagai win-win solusi dalam pemecahan masalah sebagai wujud pengayom dan pelayan masyarakat dalam memberikan rasa keadilan sehingga menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri” ungkap Kapolres.  

By ZD ( HumasResBB)

You may have missed