20 September 2024

Kapolres Bone Bolango Pimpin Langsung Upacara Hari Lahir Pancasila 2024 Tingkat Polres Bone Bolango

Tepat pada hari ini Polres Bone Bolango melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang di pimpin langsung oleh Kapolres Bone Bolango Akbp Muhammad Alli.SIK.1/6


Kegiatan yang dilaksanakan Di Halaman Polres Bonbol tersebut juga diikuti Wakapolres Bone Bolango Kompol Karsum Ahmad.SH, para Kasat,kabag,Kasi,Kapolsek Jajaran, Personil Polres Bone Bolango serta Perwakilan Polsek Jajaran.


Dalam peringatan Tahun ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.


Dalam kesempatan ini Kapolres Bone Bolango membacakan Pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, dimana Pancasila pertama kali diperkenalkan oleh Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, melalui pidatonya pada tahun 1945 didepan Sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).


“tema tahun ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa untuk bangsa Indonesia, dimana mengandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai inklisivitas, toleransi, dan gotong royong, yang dirajut dalam identitas nasional Bhineka Tunggal Ika” kata AKBP Muh Alli.


Lebih lanjut, disampaikan oleh Kapolres bahwa Pancasila harus senantiasa dijiwai dan dipedomani, agar menjadi ideology yang bekerja, yang dapat dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi dimasa depan.


“pesatnya kemajuan informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar dalam mengakses informasi melalui beragam media, harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila ditengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.” Ujar Kapolres.


Kapolres juga mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk mengutamakan Pancasila dengan metode dan cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.


“dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakni seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia dapat diatasi. Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar” tegasnya.


Sebelum mengakhiri sambutan, Kapolres mengajak untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 01 Juni.


“kita harus bekerjasama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagi wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur dan berwibawa di kancah dunia.” Ucap Kapolres.


Selain menggelar upacara ditingkat Polres, Kapolres Bone Bolango beserta Pejabat Utama Polres, Kapolsek serta Perwira, mengikuti Upacara secara Live Streaming diAula Mapolres Bone Bolango yang dipimpin Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. Hi. Joko Widodo.

You may have missed