20 September 2024

Melalui Problem Solving, Bhabinkamtibmas Polsek Kabila Berhasil Selesaikan Masalah Warga Binaan

Sebagai ujung tombak dari tugas Kepolisian di tengah-tengah masyarakat, Bhabinkamtibmas memegang peran penting dalam menciptakan Siskamtibmas kondusif terutama di wilayah desa binaannya.

Dengan kehadiran mereka permasalahan yang di alami warga dapat diselesaikannya melalui problem solving dengan mengundang kedua belah pihak yang bertikai.

Sebagai ujung tombak tugas Kepolisian, hari ini dengan sigap Bhabinkamtibmas Desa Talango yang bertugas di Polsek Kabila Polres Bone Bolango Bripka Jois Madjabi melaksanakan problem Solving yakni melakukan mediasi musyawarah dalam permasalahan penghinaan / pencemaran nama baik lewat media sosial yang di hadapi warga di desa binaannya. Selasa, (4/6/2024).

Adapun langkah-langkah yang di ambil oleh Bripka Jois Madjabi dalam menyelesaikan permasalahan tersebut yakni mengikutsertakan Kepala desa dan perangkat desa yang termasuk dalam Kader Hukum di desa Talango serta memanggil kedua belah pihak dan keluarga yang bertikai.Saat menyelesaikan permasalahan tersebut Bripka Jois Madjabi memberikan nasehat dan himbauan kamtibmas kepada masyarakat tentang pentingnya hidup rukun dan damai tanpa ada permusuhan antara warga serta mengajak kedua pihak untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban.

Kapolres Bone Bolango AKBP Muhammad Alliz SIK melalui Kapolsek Kabila IPTU Irfan Tandako membenarkan kegiatan itu, dimana melalui problem solving, kedua belah pihak yang bertikai sepakat damai dan permasalahan mereka di selesaikan secara kekeluargaan serta pihak keluarga ikut menyetujui dan merespon baik upaya Bhabinkamtibmas dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

” diakhir mediasi tersebut, kedua belah pihak menandatangani surat pernyataan dan saling meminta maaf serta tidak akan mengulangi dan tidak saling dendam atas kejadian yang sudah terjadi” ungkapnya.

Kapolsek menambahkan, bahwa permasalahan yang di selesaikan melalui problem Solving merupakan kasus yang ringan saja dengan tujuan agar permasalahan warga tidak meluas yang dapat menimbulkan dampak konflik sosial, pungkasnya.

(Z. Diko/HmsResBonbol)

You may have missed