20 September 2024

Wakapolres Pohuwato Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian ” Keselamatan Otanaha 2023 “

gorontalo.tribratanews.com-Polres Pohuwato. Wakil Kepala Kepolisian Resor Pohuwato Kompol Adek Dermawan, SH., S.I.K,. Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian ” Keselamatan Otanaha 2023 “, bertempat di lapangan Upacara Polres Pohuwato Selasa, (7/2/2023).

Turut hadir dalam Apel Gelar Pasukan, Wakil Bupati Pohuwato Hj. Suharsi Igirisa, S.Ip,. M.Si, bersama unsur Forkopimda dan diikuti oleh Pejabat Utama Polres Pohuwato, serta peserta apel yakni personel TNI dari Kodim 1313-Pohuwato, Personel Polres Pohuwato, dan Dinas perhubungan kab. Pohuwato. Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Keselamatan Otanaha 2023, ditandai dengan penyematan pita Operasi kepada perwakilan dari TNI, Polri, dan Dishub, yang digelar selama 14 (empat belas) hari kedepan sejak tanggal 7 Februari 2023 s/d 20 Februari 2023, dengan pelibatan personel sejumlah 287 (dua ratus delapan puluh tujuh).

Amanat Kepala Kepolisian Daerah Gorontalo Inspektur Jenderal Polisi Helmy Santika, S.H., S.I.K., M.Si., yang di bacakan oleh Wakapolres Pohuwato, mengatakan Pertama-tama marilah kita panjatkan Puji Syukur ke Hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas Limpahan Rahmat dan Karunia-Nya, pada hari ini kita dapat berkumpul bersama dalam keadaan sehat Wal’afiat guna mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Keselamatan Otanaha 2023. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari proses manajerial yang harus dilaksanakan untuk mengetahui kesiapan personel maupun kelengkapan yang akan digunakan dalam mensukseskan penggelaran operasi yang akan dilaksanakan.

Kita ketahui bersama dinamika lingkungan strategis pada tataran global terhadap kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara, kita memahami bahwa keselamatan berlalu lintas di jalan raya dan tingkat kepatuhan masyarakat Indonesia terhadap hukum dan perundang-undangan lalu lintas pada umumnya masih sangat memprihatinkan. Hal ini ditandai dengan masih tingginya jumlah angka kecelakaan dan pelanggaran lalulintas yang terjadi diwilayah prov. Gorontalo. Sehingga jika tidak segera diantisipasi sedini mungkin, maka hal tersebut akan memberikan dampak gangguan terhadap stabilitas Kamseltibcar lantas, khususnya pada pelaksanaan bulan Ramadhan dan pelaksanaan tahapan Pilkada 2024.

Sehingga hal tersebut memerlukan antisipasi dari segenap pemangku kepentingan terlebih khusus Polri dalam mencegah potensi gangguan baik Kamtibmas maupun Kamseltibcar lantas.
Operasi keselamatan ini merupakan operasi di bidang Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban masyarakat, mengedepankan fungsi lalu lintas dan didukung fungsi operasional Kepolisian lainnya dilaksanakan dalam bentuk Preemtif dan Preventif guna untuk memberikan pemahaman kepada seluruh lapisan masyarakat terhadap pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas.

” Sebelum mengakhiri amanat ini, beberapa penekanan yang perlu saya sampaikan kepada seluruh peserta apel untuk dipedomani dan dilaksanakan dalam pelaksanaan operasi, yakni Tingkatkan ketaqwaan kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, tulus dan ikhlas serta menunjukan semangat pengabdian terbaik melalui sikap yang humanis dan simpatik, serta menghindari sikap arogansi dan kesewenang-wenangan. Persiapkan dengan baik sarana dan prasarana yang akan digunakan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan operasi dan laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindak tegas dan terukur terhadap setiap pelanggaran lalu lintas yang ditemukan, dalam pelaksanaan operasi senantiasa menampilkan 3S (Senyum, Sapa, Salam) dan perkuat kerjasama dan menjaga keharmonisan dengan seluruh Instansi terkait dan jajaran TNI guna mewujudkan sinergitas antar Instansi serta keberhasilan dalam pelaksanaan operasi yang digelar. ” pungkas Adek Dermawan.

Penulis Hanny

Publis Masdar

You may have missed