20 September 2024

Polres Pohuwato Laksanakan Binrohtal Menjelang Idul Adha

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Kamis (24/8/2017) pukul 08.00 wita bertempat di Masjid Shirotul Jannah Polres Pohuwato telah berlangsung kegiatan pembinaan Rohani dan mental (Binrohtal) tingkat Polres Pohuwato. Dengan Tema “Aqiqah Dan Qurban”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Pohuwato Akbp Ary Donny Setiyawan, S.IK,MH, Para Kabag, para Kasat, para Perwira Staf, serta personil Polres Pohuwato, Penceramah Ust. Drs. Hi. Fahri Djafar,M.Ag, dan Ibu Ketua bersama Pengurus Bhayangkari Cabang Pohuwato.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Takmirul Masjid Shirotul Jannah Polres Pohuwato Aiptu Ruslin Huntoyungo, S.IP dan dilanjutkan dengan pembacan surah yasin yang dipimpin oleh Imam Masjid Shirotul Jannah Polres Pohuwato Ust. Abdurrahman.

Setelah pembacaan Surah Yasin selanjutnya kegiatan Binrohtal dilanjutkan dengan Tauziah atau Ceramah Agama yang disampaikan oleh Ust. Drs. Hi. Fahri Djafar,M.Ag dari Kantor Kemenag Kab. Pohuwato, dalam tauziah yang disampaikan oleh penceramah bahwa bersyukur masih dipertemukan ditempat yang suci ini dalam kegiatan rutin yakni Binrohtal. Saya ingin menyampaikan sebuah riwayat pada hadist qudsi bahwa Allah berfirman kepada malaikat yang artinya “Pada hari kiamat nanti jangan biarkan hamba-hambaku pada hari kiamat nanti dengan berjalan kaki atau merangkak karena pada saat didunia umatku menggunakan kendaraan”.

Bahwa dalam aqiqah menurut syariat itu hukumnya adalah Sunnah Muakkad, para ulama yang menyatakan bahwa pada aqiqah itu untuk anak perempuan memotong satu ekor kambing, sedangkan untuk anak laki-laki memotong dua ekor kambing. Makna aqiqah yakni sembelihan kambing bagi anak yang lahir atau juga mencukur rambut bagi anak. Bahwa dalam berqurban itu diwajibkan bagi orang-orang yang mampu, dimana dalam berqurban apabila memotong hewan qurban atau ingin berqurban dengan berkelompok dibatasi hanya pada tujuh orang, dan tidak boleh melebihi tujuh orang.

Dalam berqurban pembagian daging qurban itu bagi pemilik berhak mendapatkan pembagian daging qurban maksimal hanya sepertiga bagian. Bahwa hewan yang dipotong pada saat aqiqah dan saat qurban itu nantinya akan dijadikan sebagai kendaraan di akhirat nanti, jika tidak pernah aqiqah atau berqurban maka akan menggunakan kendaraan amal sholeh baik itu habluminallah atau habluminannas.

kegiatan berakhir pada pukul 09.00 wita dengan situasi aman dan kondusif.

Penulis         : Firdha

Editor           : Umi Fadilah

Publish         : Firdha

You may have missed