20 September 2024

Cegah Narkoba, Polsek Lemito Bersama Pemerintah Daerah Laksanakan Sosialisasi

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Selasa tanggal 19 September 2017 pukul 09.15 Wita, bertempat di Aula Kantor Camat Wanggarasi telah berlangsung kegiatan Sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) tingkat Kecamatan Wanggarasi (Wilayah Hukum Polsek Lemito).

kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Kapolsek Lemito Iptu Yahya Lamonda, SH, Camat Wanggarasi Herman Harun, SH, Dokter Puskesmas Kec. Wanggarasi dr. Aditya, Kanit Binmas Polsek Lemito Bripka Darwis Hurudji, Para Bhabinkamtibmas di wilayah Kec. Wanggarasi, serta peserta sosialisasi terdiri dari pelajar SMK dan SMP se-Kec. Wanggarasi sekitar 100 siswa/i.

Pada kesempatan ini, Camat Wanggarasi menyampaikan bahwa hari ini kami Pemerintah Kecamatan Wanggarasi bekerja sama dengan pihak Kepolisian dan Unsur Kesehatan dalam hal ini Puskesmas Wanggarasi akan mensosialisasikan terkait bahaya Penyalahgunaan Narkoba yang mengancam masa depan generasi muda.

Kemudian Kapolsek Lemito Iptu Yahya Lamonda, SH juga menyampaikan bahwa, kami pihak Kepolisian dalam hal ini Polsek Lemito sangat mengapresiasi atas pelaksanaan kegiatan sosialisasi P4GN, dimana kegiatan ini dipandang perlu untuk memberikan pemahaman serta gambaran kepada generasi muda khususnya para pelajar terkait bahaya penyalahgunaan narkoba.

“Di era modern saat ini, penyalahgunaan narkoba yang terjadi di tengah-tengah masyarakat sudah dalam berbagai macam bentuk kasus, selain adanya jenis yang sudah sering kita dengar seperti sabu-sabu, ganja, morfin, kokain, narkotika jenis baru yang disebut plaka, juga saat ini lagi viral di media sosial tentang adanya penyalahgunaan obat-obatan medis dalam bentuk tablet yakni obat jenis Somadril atau lebih dikenal dengan tablet PCC”, Ungkap Kapolsek.

Disamping itu di kalangan pelajar setiap hari kita menemukan berbagai macam penyalahgunaan narkoba seperti adanya siswa yang sering menghirup Lem FOX, menkonsumsi obat batuk jenis KOMIKS dalam dosis yang banyak, ada juga jamur kotoran sapi, obat batuk IFARSYL, dan lain sebagainya. Dimana penyalahgunaan tersebut sangat berbahaya karena dapat merusak kesehatan bahkan menyebabkan kematian.

Pada kesempatan tersebut juga, Kapolsek sangat mengharapkan peran serta semua pihak termasuk dari orang tua untuk turut serta melakukan pengawasan terhadap anak-anaknya.

Tak lupa, Kapolsek menyampaikan kepada para pelajar agar saling mengingatkan kepada rekannya yang terindikasi menggunakan obat-obatan ataupun melakukan hal-hal yang erat kaitannya dengan penyalahgunaan narkoba agar kiranya secepatnya dapat memberikan informasi kepada pihak sekolah dan seterusnya pihak sekolah dapat melaporkan kepada kami agar kami pihak Kepolisian dapat melaksanakan penyelidikan terkait peredaran, sumber ataupun adanya keterlibatan oknum-oknum yang sengaja merusak moral generasi muda.

Penulis         : Fandi

Editor           : Alfian

Publish         : Fandi

You may have missed