18 September 2024

Polresta Gorontalo Kota luncurkan inovasi “Samsamseng” untuk kemudahan pembuatan SIM

Kepolisian Resor Kota Gorontalo Kota melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas) meluncurkan sebuah inovasi yang diberi nama Samsamseng (sama sama senang) .

Kapolresta Gorontalo Kota Kombespol Dr. Ade Permana, S.I.K.,MH melalui Kasat lantas Akp Supomo,SH menjelaskan bahwa Satuan penyelenggara administrasi SIM (Satpas) adalah salah satu pelayanan publik pada Satlantas Polresta Gorontalo Kota yang menangani sistem administrasi pelayanan Surat Ijin Mengemudi(SIM).

Dikatakan Akp Supomo Penerbitan SIM yang telah menggunakan sistem komputerisasi menutup celah pemohon yang mendapatkan SIM diluar prosedur.

Lebih lanjut Akp Supomo menuturkan bahwa Berdasarkan data tahun 2023, produksi SIM sebanyak 8.556 sehingga perbulannya rata-rata pemohon SIM sebanyak 255 pemohon ,produksi SIM untuk pemohon baru sebanyak
6.363 dan perpanjangan sebanyak 2.193 sehingga jumlah produksi sebanyak 8.556 dan pemohon SIM yang tidak lulus pada ujian teori 1.237 pemohon dan yang tidak lulus pada ujian praktek 583 pemohon SIM.

“Untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, Satlantas Polresta Gorontalo Kota mengeluarkan terobosan kreatif dengan nama program “SAMSAMSENG (SAMA SAMA SENANG)” Ujar Akp Supomo

Diuraikan Kasat lantas bahwa Maksud dan tujuan inovasi ini adalah
a. Maksud
Inovasi “SAMSAMSENG” ini dibuat untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat khususnya para pemohon SIM baru R4,R3 dan R2 yang tidak lulus megikuti ujian teori dan ujian prektek,maka dengan itu satpas polresta Gorontalo kota mengadakan pelatihan ujian teori dan ujian praktek secara gratis di SATPAS Polresta Gorontalo Kota.
b. Tujuan
Tujuan diadakannya inovasi SAMSAMSENG ( SAMA SAMA SENANG ) ini adalah agar pemohon SIM yang tidak memenuhi syarat pada saat mengikuti ujian teori dan ujian praktek bisa memenuhi syarat pada saat pengulangan ujian nanti dan mendapatkan surat ijin mengemudi(SIM), Selain dari pada itu, inovasi “SAMSAMSENG” ini pun bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bagaimana peraturan dan etika yang baik dan benar dalam berlalu lintas dijalan sehingga diharapkan dapat terciptanya KAMSELTIBCAR lantas dan terciptanya pelayanan prima pada satpas Polresta Gorontalo Kota.

Kasat lantas menuturkan bahwa program ini berupa pelayanan kepada pemohon sim yang tidak lulus pada ujian teori dan ujian praktek., sehingga dengan adanya inovasi SAMSAMSENG pemohon yang tidak lulus ujian dapat mengikuti pelatihan ujian teori dan ujian praktek sehingga memudahkan proses pembuatan SIM di Satpas Polresta Gorontalo Kota.

Selanjutnya program inovasi SAMSAMSENG di Satpas Polresta Gorontalo Kota ini dilaksanakan secara GRATIS (tidak dipungut biaya), tutup Akp Supomo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.